Pengelola Perpustakaan Sekolah Kabupaten Kudus, Ikuti Pelatihan SLiMS

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Kudus - Kudus, Selasa 29 Maret 2022 bertempat di gedung perpustakaan IAIN Kudus lantai 4 telah dilaksanakan pelatihan aplikasi SLiMS Bulian versi 9.4.2 Acara ini dihadiri oleh 50 peserta dari berbagai latar belakang mulai dari pustakawan perpustakaan sekolah, perpustakaan madrasah, dan perpustakaan perguruan tinggi. Peserta paling jauh terpantau berasal dari kota Jombang. Kegiatan ini dilaksanakan oleh organisasi IPI dan disponsori oleh penerbit Erlangga dan Smartech Solution. 

Ketua IPI Sutarno, S.Hum  dan Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Kudus Wahyu Haryanti turut hadir dan memberikan sambutan acara. Ibu Wahyu selaku Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Kudus dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Alangkah baiknya jika perpustakaan sebagai sumber pengetahuan dapat memperluas jangkauan pemustakanya dengan membuatnya dalam bentuk digital. Perpustakaan yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja tentunya akan dapat meningkatkan minat baca masyarakat khususnya bagi para siswa.”

Materi pelatihan dibawakan M.D.W. Eristianto, A.Md.  selaku pustakawan Perpustakaan Universitas Muria Kudus. Materi yang disampaikan pada pelatihan kali ini mengenai pengenalan Sistem Automasi SLiMS secara dasar. Automasi ini dikembangkan oleh Tim Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Pemilihan SLiM dibandingkan dengan system automasi lainnya didasari oleh beberapa pertimbangan seperti automasi SLiMs merupakan system yang open source dan sudah memiliki anggota komunitas yang lumayan banyak sehingga jika terjadi kesulitan yang mungkin nanti akan dialami oleh pustakawan, mereka dapat mendiskusikannya dengan komunitas. 

“Sampai saat ini masih banyak perpustakaan sekolah di daerah Kudus yang menggunakan sistem manual atau konvensional tanpa bantuan automasi. Hal ini yang mendasari diadakannya pelatihan SLiMS ini. Diharapkan setelah adanya pelatihan ini, perpustakaan sekolah yang tadinya masih menggunakan sistem manual dapat beralih ke sistem automasi yang tentunya akan mempermudah pekerjaan mereka.” Ujar Erist selaku pengisi materi. 

Materi yang disampaikan sangat jelas, bermanfaat, dan dapat memberikan gambaran mengenai system automasi SLiMS. Ujar Asih selaku peserta.(Meta)