Previous Next

Persiapan Akreditasi, SMA 1 Mejobo Belajar Ke Perpustakaan UMK

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

UMK - Perpustakaan Universitas Muria Kudus (UMK) menjadi rujukan sekolah untuk belajar dalam penataan perpustakaannya. Salah satunya SMA 1 Mejobo Kudus yang melakukan study banding ke Perpustakaan UMK guna mempersiapkan akreditasi perpustakaan di sekolahnya.

Kepala Sekolah SMA 1 Mejobo Kudus Ajib Setiyo mengatakan, pihaknya memilih UMK karena perpustakaannya sudah mendapatkan akreditasi A. Artinya memang sudah sesuai standar atau bahkan lebih. "Sehingga kami harus belajar dengan UMK untuk penataan perpustakaan kami," katanya.

Pihaknya akan ada akreditasi perpustakaan sekitar November 2021, sehingga perlu persiapan. Salah satunya dengan mengetahui tata kelola perpustakaan yang baik. Sehingga diharapkan akan mendapatkan nilai maksimal.

selain itu, dengan perpustakaan yang baik, diharapkan siswa juga bisa lebih nyaman berada di perpustakaan untuk belajar. Sehingga minat baca siswa juga diharapkan bisa lebih baik lagi, apalagi buku merupakan salah satu hal penting dalam dunia pendidikan, meningkatkan minat bacapun harus ditingkatkan.

Sementara itu, Pustakawan UPT Perpustakaan UMK Firman Al Mubarok mengatakan, banyak hal yang harus dilakukan dalam pengelolaan perpustakaan. Selain koleksi buku dan tata kelolanya, perpustakaan juga harus memiliki inovasi-inovasi.

Salah satu inovasi yang dilakukan Perpustakaan UMK antara lain adanya Warung Perancis, selain itu ada juga buku khusus tentang Kudus. Artinya, harus ada keunikan di perpustakaan, termasuk sekolah juga harus memilikinya.

Selain itu, pihaknya juga mengadakan free coffe, merchandise, lomba-lomba hingga memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang paling banyak berkunjung. Sehingga diharapkan bisa menarik mahasiswa untuk mengunjungi perpustakaan. "Kegiatan semacam itu tergantung kreatifitas masing-masing," terangnya.

Pihaknya juga terus mengembangkan pelayanan online, diakui atau tidak perkembangan dunia online harus diikui. Karena memang akan lebih memudahkan ketika bisa memanfaatkan dunia digital dengan baik.(Linfokom-Humas)