Previous Next

Perpustakaan UMK Terakreditasi A, UTP Surakarta Lakukan Studi Banding

Penilaian: 1 / 5

Aktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

UMK - Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta melakukan studi banding dan kerjasama ke Universitas Muria Kudus (UMK). Kedatangan rombongan tersebut untuk mengetahui pengembangan perpustakaan di UMK, karena UPT Perpustakaan UMK mendapatkan akreditasi A.

Kepala UPT Perpustakaan UMK Noor Athiyah, M.Hum mengatakan, kedatangan rombongan dari UTp Surakarta tentunya disambut baik. Karena bisa sharing antar dua perguruan tinggi, sehingga bisa memberikan hal positif, terutama dalam hal pengelolaan perpustakaan. "Kami berterimakasih atas kunjungannya, menjadikan UMK sebagai lokasi studi banding," katanya kemarin.

Untuk Perputakaan UMK memang sudah terakreditasi A, sehingga semua komponen standar penilaian sudah terpenuhi semua. Pihaknya tentu sudah menyiapkan sarana prasarana dan lainnya hingga memenuhi standar tersebut sehingga mendapatkan akreditasi A.

Dalam proses akreditasi, ada enam komponen utama yang harus dipenuhi, aspek koleksi dengan bobot penilaian 20, sarana dan prasarana bobotnya 15 dan pelayanan perpustakaan bobotnya 25. Lalu tenaga perpustakaan bobotnya 20, penyelenggaraan dan pengelolaan bobotnya 15, dan komponen penguat dengan bobot 5.

Dr. Achmad Fatchul Aziz, MP mengatakan, kunjungan ke UMK karena ingin belajar tentang pengelolaan perpustakaan, selain itu juga diskusi serta kerjasama. "Kami tentu ingin ada jalinan kerjasama antara UTP dan UMK," jelasnya.

Banyak hal yang perlu dipelajari untuk pengembangan pengelolaan perpustakaan, pihaknya memilih UMK karena memang sudah terakreditasi A. Sehingga akan banyak hal yang dipelajari, karena bsia mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada di perpustakaan UTP.

Tentunya, dengan kunjungan tersebut dapat menajdi jembatan agar pengelolaan perpustakaan semakin baik. Karena memang pihaknya butuh banyak referensi sehingga pengembangan perpustakaan bisa maksimal. (Humas-Linfokom)