Previous Next

ASESOR : Perpustakaan UMK Sudah Bagus

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melakukan visitasi akreditasi kepada UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus (UMK). Visitasi ini untuk melihat seberapa baik Perpustakaan yang dimiliki UMK.

Dua asesor yang melakukan visitasi akreditasi dari Perpusnas RI, yakni Atikah, S.Sos, M.Si dan Arsi Suparni, S.Sos, M.Hum. Keduanya melakukan visitasi pada 19 November 2019. ”Saat ini banyak tuntutan untuk perpustakaan, sehingga harus ada standar yang harus dipenuhi,” katanya saat visitasi akreditasi.

Termasuk sumber daya manusia (SDM) perpustakaan atau pustakawan, karena pustakawan tidak hanya penjaga buku, melainkan lebih dari itu. Pustakawan harus mampu menjadi sumber informasi. Bahkan siswa atau mahasiswa menuntut pustakawan seperti google.

Sehingga pustakawan memang harus terus melakukan update informasi untuk meningkatkan kemampuan diri. Apalagi tuntutan pustakawan semakin besar, tidak hanya sebagai penjaga buku semata.

Dalam visitasi tersebut, tidak hanya perpustakaan pusat saja yang dilihat, melainkan juga perpustakaan yang ada di setiap jurusan. Karena memang perpustakaan harus tersebar disetiap jurusan, bukan hanya perpustakaan pusat saja.

Ada yang unik di Perpustakaan UMK, yakni layanan kekudusan, layanan tersebut mempunyai koleksi khusus kekudusan, mengangkat budaya Kudus. ”Ini cukup menarik, bisa mengenalkan budaya Kudus,” terangnya.

Saat audiensi, enam komponen utama penilaian menjadi perhatian, yaitu aspek koleksi dengan bobot penilaian 20, sarana dan prasarana bobotnya 15 dan pelayanan perpustakaan bobotnya 25. Lalu  tenaga perpustakaan bobotnya 20, penyelenggaraan dan pengelolaan bobotnya 15, dan komponen penguat dengan bobot 5.

Usai melakukan visitasi di perpustakaan sesuai Instrumen yang ada, hasilnya akan disidangkan di Lembaga Akreditas Perpustakaan Nasional. Harapannya, mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. “Kalau dilihat dari isian borang, Perpustakaan UMK sudah bagus, semoga hasil visitasi kita ini nanti relevan dengan isian borang tersebut,” ujar Atikah.

Sementara itu, Rektor UMK Dr. Suparnyo, SH. MS mengatakan, semoga nanti hasil dari visitasi UPT Perpustakaan hasilnya sesuai yang di harapkan dan Perpustakaan UMK bisa lebih maju lagi. Karena pihaknya juga sudah melakukan proses penyiapan perpustakaan yang ada di UMK agar sesuai standar yang ada.(linfokom-Humas)