Previous Next

Cegah Plagiasi, Maksimalkan Aplikasi Turnitin

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Perpustakaan Universitas Muria Kudus (UMK) bakal memaksimalkan layanan turnitin. Yakni aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui adanya indikasi plagiasi. Semua mahasiswa dan dosesn sudah diwajibkan menggunakan aplikasi tersebut.

Hal tersebut menajdi salah satu bagian hasil rapat yang dilakukan UPT Perpustakaan UMK pada rapat kerja 2018 untuk program kerja 2019 – 2020 pada tanggal 28 dan 28 Desember 2018.

Kepalan UPT Perpustakaan UMK Noor Athiyah mengatakan, turnitin menyajikan fitur yang bisa digunakan untuk mengecek kesamaan antara satu artikel dengan berbagai sumber online di internet. Kesamaan ini kemudian diartikan adanya indikasi plagiasi.

Namun perlu diperhatikan, bahwa kesamaan adalah indikasi, artinya belum tentu plagiasi. Dengan aplikasi tersebut, diharapkan semua karya mahasiswa dan dosen memang orisinil dan juga bisa mengetahui karya mahasiswa dan dosen diplagiasi atau tidak.

Selain itu, UPT Perpustakaan UMK terus meningkatkan pengembangan teknologi informasi tentang sistem Radio Frequency Identification (RFID). ”Dengan sistem tersebut nantinya civitas UMK akan lebih mudah melakukan transaksi permintaan mandiri dan pengembalian mandiri,” katanya.

Tak hanya itu, juga menyiapkan perubahan desain ruangan multimedia dan ruang skripsi, sehingga pengunjung bisa merasakan kenyamanan. ”Intinya semua untuk pengembangan pelayanan untuk pemustaka dan pengembangan TI untuk UPT Perpustakaan,” terangnya.

Dengan adanya raker ini diharapkan pustakawan nanti mampu meningkatkan kualitas layanan UPT Perpustakaan UMK dengan lebih baik. Selanjutnya pustakawan juga harus bisa memberikan inovasi-inovasi terbaru untuk kemajuan UPT Perpustakaan UMK. (Erizt/Linfokom)