Previous Next

Maksimalkan Perpustakaan, UMK – Komunitas SLiMS Gelar Pelatihan

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus (UMK) melakukan kerjasama dengan komunitas Senayan Library Management System (SLiMS) melaksanakan pelatihan apliaksi SLiMS. Peserta yang hadir kebanyakan dari sekolah dan peserta tidak hanya dari Kuus saja, melainkan dari luar Kudus.

SLiMS merupakan aplikasi perpustakaan yang berbasis web dan dikembangkan oleh salah satu pustakawan dari kemendikbud. Aplikasi SLiMS sudah banyak digunakan oleh perpustakaan perguruan tinggi, sekolah, maupun perpustakaan daerah.

Aplikasi tersebut bisa diunduh gratis, sehingga SLiMS menajdi salah satu apliaksi yang diminati. Karena sudah sangat mumpuni untuk pengelolaan perpustakaan, apalagi untuk sekolah.

Ketua Panitia Suwarni mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan 22 Desember 2018 tersebut dihadiri berbagai perpustakaan dari perguruan tinggi maupun perpustakaan sekolah se-indonesia. Menurut data peserta yang hadir dalam pelatihan ada yang dari Depok, Surabaya, Magelang, Semarang, Gorontalo, Madura, Jepara, Demak, Pati, dan Kudus.

Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan pengelolaan perpustakaan bisa terotomasi dan tidak menggunakan sistem manual. ”Yang hadir sudah ada yang menggunakan SLiMS, jadi bisa dikatakan pelatihan lanjutan,” katanya.

Pelatihan tersebut dibagi dua sesi. Pertama tentang Pengenalan SLiMS, Instalasi SLiMS, dan Input Bibliografi dengan CSV. Sesi kedua tentang input data anggota dengan CSV dan Praktek Sistem Layanan Sirkulasi dan Penjelasan Tentang Pelaporan.

Salah satu peserta pelatihan, Mufid mengaku sangat bermanfaat mengikuti pelatihan tersebut. Karena bisa mengetahui penerapan aplikasi perpustakaan lebih detail, apalagi aplikasi ini diberikan gratis. ”Saya juga bisa belajar dengan komunitas SLiMS tentang perpustakaan walapun saya sendiri bukan berlatang belakang pustakawan,” terangnya.

Peserta lainnya dari Kabupaten Bojonegoro, Dwi Puspita Sari mengatakan, dirinya sudah lama menggunakan Aplikasi SLiMS. Namun akhir-akhir ini dia mengalami masalah, karena aplikasi SLiMS sering eror.

Dengan pelatihan tersebut, dirinya mengutarakan masalah yang dialami dan bisa terselesaikan. Sistem eror di apliaksi sudah bisa diselesaikan dalam pelatihan. ”Alhamdulillah bisa beres masalahnya, dengan pelatihan ini saya mendapatkan ilmu baru yang belum saya dapatkan saat kuliah di jurusan ilmu perpustakaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala UPT Perpustakaan UMK Noor Atiyah mengucapkan terimakasih atas kehadiran peserta pelatihan. Pihaknya memfasilitasi daam pelatihan tersebut agar pengelolaan perpustakaan, terutama sekolah bisa lebih baik.

Sehingga semua peserta pelatihan bisa memaksimalkan apliaksi SLiMS untuk pengelolaan perpustakaan instansi amsing-masing. Apalagi SLiMS juga sudah sangat baik dan tidak hanya di gunakan instansi Indonesia saja, tapi sudah diguanakn oleg instansi luar Indonesia.(erizt/linfokom)