Nuansa Prancis dalam Peringatan HUT ke-70 RI

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

UMK – Ratusan bendera Indonesia dan Prancis dengan ukuran kecil-kecil, berjajar, dilengkapi balon-balon yang menambah keindahan suasana, di lantai dasar Gedung Perpustakaan Universitas Muria Kudus (UMK), Rabu (25/8/2015). Deretan piala bertengger rapi di atas meja, untut diperebutkan melalui aneka lomba yang digelar.

Para siswa tingkat SMA dari berbagai sekolah, bergerombol sambil memainkan gitar dan menyanyikan lagu untuk lomba yang akan diikutinya. Di lain tempat, siswa lain membawa miniatur Menara Eiffell dengan berbagai ukuran.

Pagi itu, memang spesial. Sebuah kegiatan menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Republik Indonesia (RI) digelar oleh Waroeng Prancis UMK, yang berada di bawah naungan UPT. Perpustakaan. ‘’Ini sekaligus memperingati Dies Natalies ke-35 UMK,’’ ujar Noor Athiyah SS. M.Hum., kepala UPT. Perpustakaan UMK.

Para siswa nampak sangat antusias mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan. Yakni Lomba membuat miniatur tema Prancis, menyanyikan lagu ‘’Les de Jours la Semanine’’, meniup balon, dan makan Arem-arem.

Wakil Rektor I UMK, Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd., dalam sambutannya sebelum membuka acara, mengapresiasi kepada para siswa yang menekuni belajar Bahasa Prancis. ‘’Prancis ini negara yang sedang berbenah diri dalam persaingan global,’’ katanya.

Hilal pun berharap, dari para peserta yang ikut berkompetisi, bisa melanjutkan studi di Prancis dengan beasiswa. ‘’Bahasa Prancis memang belum mendapat di hati anak-anak muda sebagaimana Bahasa Inggris. Saya mengapresiasi adik-adik yang menentukan pilihan belajar Bahasa Prancis,’’ ungkapnya.

Sementara itu, berbagai lomba yang digelar, mampu membuat suasana meriah. Senyum dan gelak tawa tak dapat disembunyikan. Penampilan grup-grup vokal yang membawakan ‘’Les de Jours la Semanine’’, membuat berdecak kagum. Dan tawa lepas pun tak dapat ditutupi, saat menonton lomba makam Arem-arem maupun lomba meniup balon digelar.

Para pemenang dalam lomba yang diselenggarakan Waroeng Prancis UMK mendapatkan hadiah berupa piala dan piagam penghargaan. Sedang khusus untuk juara I lomba membuat miniatur tema Prancis dan menyanyikan lagu ‘’Les de Jours la Semanine’’, juga mendapatkan apresiasi berupa kesempatan berkunjung ke Institut Francais Indonesia (IFI) Yogyakarta. (Eros, Erizt-Portal)

 

Berikut juara lomba masing-masing kategori:

A.     Lomba membuat miniatur tema Prancis

         -   Juara I: Kuramadaku (SMA 2 Kudus)

         -   Juara II: Smanual (SMA NU Al-Ma’ruf)

         -   Juara III: Tangguh (SMA 2 Kudus)

B.      Lomba menyanyi lagu ‘’Les de Jours la Semanine’’

          -   Juara I: Les Eboiles (SMA 1 Jekulo)

          -   Juara II: La Lune  (SMA 1 Jekulo)

          -   Juara III: MIPA 5 (SMA 1 Bae)

C.      Lomba meniup balon

          -   Juara I: Prayogo (SMA NU Al-Ma’ruf)

          -   Juara II: Rifqi Hasan (SMA NU Al-Ma’ruf)

          -   M. Alif Ryan (SMA NU Al-Ma’ruf)

D.     Lomba makan Arem-arem

         -   Juara I: Hegi (SMA 1 Bae)

         -   Juara II: Izzatul (SMA 1 Jekulo)

         -   Juara III: Indah (SMA 2 Jekulo)