LAYANAN PERPUSTAKAAN

SISTEM PELAYANAN

Perpustakaan Universitas Muria Kudus memberlakukan sistem pelayanan terbuka (Open Acces) dimana user bebas masuk ke ruang koleksi, memilih dan mengambil sendiri koleksi yang dibutuhkan untuk kemudian dipinjam, dibaca atau di fotokopi.

WAKTU LAYANAN

Senin - Sabtu : 08.00 - 16.45 WIB
Jumat : 08.00 - 16.45 WIB / Istirahat : 11.00 - 13.00 WIB
Minggu : Libur

JENIS LAYANAN UPT PERPUSTAKAAN UMK

Layanan Sirkulasi

Layanan Sirkulasi

Layanan sirkulasi merupakan salah satu layanan utama UPT Perpustakaan UMK yang berhubungan dengan perputaran koleksi bahan pustaka agar dapat dipergunakan oleh pemustaka secara maksimal.
Layanan Sirkulasi tersedia di Lantai II Gedung Perpustakaan Pusat Universitas Muria Kudus. Jam layanan sirkulasi sama dengan jam layanan UPT Perpustakaan UMK (Senin – Sabtu, 08.00 – 21.00 WIB & Hari Jumat, 08.00 - 18.00 WIB)
Beberapa kegiatan sirkulasi di UPT Perpustakaan UMK:
a. peminjaman,
b. pengembalian,
c. perpanjangan,
d. penagihan,
e. pemungutan denda, dan
f. baca ditempat.

Tata Tertib Layanan Sirkulasi

a. Memiliki kartu anggota UPT Perpustakaan UMK
b. Melakukan peminjaman sendiri (tidak diwakilkan), dengan kartu anggota milik sendiri
c. Kuota peminjaman:
Dosen/ karyawan : maksimal 6 eksemplar (waktu peminjaman 1 semester dengan 2 kali perpanjangan)
Mahasiswa : 4 eksemplar (waktu peminjaman 1 minggu dengan 2 kali perpanjangan)
d. Jika terlambat mengembalikan, pemustaka wajib membayar denda Rp. 500/ buku/ hari
e. Jika buku yang dipinjam hilang, harus mengganti buku dengan judul yang sama dan tahun terbaru. Jika buku yang dibutuhkan tidak ditemukan, pemustaka wajib mengganti biaya pembelian buku tersebut sesuai dengan harga terbaru.

Layanan Referensi

Layanan Referensi

UPT Perpustakaan UMK menyediakan bahan pustaka ensiklopedia, kamus, buku tahunan, buku petunjuk, buku pegangan dan buku pedoman, bibliografi, indeks dan abstrak. Jika membutuhkan bantuan dalam memanfaatkan layanan ini dan atau belum bisa menentukan bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan, pemustaka dipersilahkan menghubungi pustakawan yang bertugas. Layanan Referensi tersaji di Lantai III Gedung Perpustakaan Pusat dan buka pada jam buka layanan UPT Perpustakaan UMK.

Layanan Keanggotaan

Layanan Keanggotaan

Mengenai keanggotaan, UPT Perpustakaan menyediakan dua layanan; (1) pendaftaran/ perpanjangan anggota dan (2) Bebas Pustaka. Layanan ini berlokasi di lantai II Gedung Perpustakaan Pusat, dan buka sesuai jam buka layanan UPT Perpustakaan UMK.

  1. Pendaftaran Anggota : Dengan mendaftarkan diri sebagai anggota, pemustaka diperkenankan untuk melakukan peminjaman bahan pustaka, mendapatkan informasi koleksi dan agenda baru di Perpustakaan UMK, dan manfaat-manfaat lain. Adapun ketentuan pendaftaran anggota sebagai berikut:
    1. menyerahkan foto 3x4 sebanyak 1 lembar dan foto 2x3 sebanyak 1 lembar,
    2. menyerahkan fotokopi KTM/ kartu pegawai,
    3. mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran, dan
    4. membayar administrasi sebesar Rp.3.000,-.
    
  2. Layanan Bebas Pustaka : Layanan bebas pustaka merupakan pelayanan yang melayani anggota perpustakaan untuk pembuatan surat keterangan bebas pustaka. Surat keterangan tersebut sebagai tanda bukti bahwa yang bersangkutan bebas tanggungan pada Perpustakaan dan sudah memenuhi kewajiban deposit karya ilmiah. Surat keterangan bebas pustaka diberikan kepada mahasiswa dan menjadi syarat untuk pengambilan ijazah. Surat tersebut juga diperlukan oleh dosen yang akan pindah institusi sebagai syarat pengurusan surat lolos butuh. Ketentuan pengurusan Surat Keterangan Bebas Pustaka sebagimana berikut:
    1. menunjukkan foto kopi identitas sivitas akademika UMK,
    2. menyerahkan softcopy CD tugas akhir/ skripsi/ tesis/ karya ilmiah selama bertugas di UMK (bagi dosen) 
       dengan format sebagaimana ketentuan (unduh di sini),
    3. pembayaran administrasi Rp. 3.000,- (bagi non anggota aktif UPT Perpustakaan UMK).
    4. informasi persyaratan lengkapnya bisa di download disini
    
    
Waroeng Prancis

Waroeng Prancis

Layanan ini merupakan hasil kerjasama antara Universitas Muria Kudus dengan Institut France Indonesia. Waroeng Prancis ini memiliki berbagai koleksi baik buku maupun non buku antara lain Buku prancis, majalah prancis, koleksi DVD lagu prancis, koleksi film prancis dan masih banyak koleksi lainnya.
Layanan waroeng prancis ini terbuka untuk umum, baik civitas akademika UMK maupun dari luar UMK. Waroeng Prancis terletak di Lantai II Gedung Perpustakaan Pusat UMK. Jam buka Waroeng prancis adalah Senin - Sabtu : Pukul 09.00-14.00 WIB (Jumat tutup pukul 11.00 WIB).
Pengunjung Waroeng Prancis dapat melakukan berbagai kegiatan di dalamnya, antara lain :
- Mengerjakan tugas kuliah
- Menonton TV
- Menonton Film Box Office (setiap Sabtu, pukul 10.00)
- Mengakses internet melalui Wi-Fi atau komputer yang tersedia di Waroeng Prancis
- Mengakses koleksi Waroeng Prancis
- Mendapatkan informasi mengenai belajar di Prancis dan budaya Prancis.
- Menyelenggarakan diskusi atau kegiatan kelompok secara eksklusif setiap hari Senin s/d Sabtu, pukul 14.00 – 16.45 (dengan mengikuti prosedur peminjaman ruang)

Layanan Multimedia
Repositori

Repository

Repository – Suatu layanan digital yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus, untuk menyimpan karya-karya civitas akademi UMK dengan format digital. Untuk menyimpan karya dosen maupun mahasiswa harus mematuhi peraturan yang sudah dibuat oleh UPT Perpustakaan. Format untuk upload dalam repository silahkan download link di bawah ini.